30 Jul 2023

WONOGIRI

 Kabupaten Wonogiri

Wonogiri adalah sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kecamatan Wonogiri. Secara geografis, Wonogiri berlokasi di bagian tenggara Provinsi Jawa Tengah1. Kabupaten ini memiliki luas 1.822,37 km² dengan populasi 928.904 jiwa pada tahun 2016 dan meningkat menjadi 1.043.576 pada tahun 20211. Wonogiri juga dikenal sebagai kota Gaplek2.

Sejarah berdirinya Kabupaten Wonogiri dimulai dari embrio “kerajaan kecil” di bumi Nglaroh Desa Pule Kecamatan Selogiri1. Di daerah ini dimulainya penyusunan bentuk organisasi pemerintahan yang masih sangat terbatas dan sangat sederhana, yang di kemudian hari menjadi simbol semangat pemersatu perjuangan rakyat1. Inisiatif untuk menjadikan Wonogiri (Nglaroh) sebagai basis perjuangan Raden Mas Said, adalah dari rakyat Wonogiri sendiri (Wiradiwangsa) yang kemudian didukung oleh penduduk Wonogiri pada saat itu1.

Apakah Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang Wonogiri? 😊


Wonogiri adalah sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia. Kabupaten ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Wonogiri yang dapat Anda kunjungi:

  1. Bukit Cumbri: Bukit Cumbri merupakan tempat wisata di Wonogiri terbaru, kepopulerannya semakin dikenal luas sejak tersebar di sosial media1. Bukit yang hanya memiliki ketinggian 638 mdpl ini sangat cocok Anda gunakan untuk melakukan pendakian atau sekadar belajar mendaki1.
  2. Waduk Gajah Mungkur: Waduk Gajah Mungkur merupakan salah satu objek wisata Wonogiri yang paling terkenal2. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan Waduk Gajah Mungkur dengan berkeliling menggunakan kapal yang disewakan oleh pihak pengelola3.
  3. Pantai Nampu: Pantai Nampu terletak di Kecamatan Paranggupito dan menawarkan sejuta pesona keindahan alam dengan hamparan pantai berpasir putih dan batu karang indah yang masih terjaga keasliannya23.

Apakah Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang tempat wisata lainnya di Wonogiri? 😊


Berikut adalah cara menuju ke tempat-tempat wisata yang Anda tanyakan:

  1. Bukit Cumbri: Bukit Cumbri terletak di perbatasan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah dan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Ada beberapa rute yang bisa digunakan untuk mencapai Bukit Cumbri ini. Rute pertama adalah rute bisa ditempuh dari Wonogiri, rute kedua dapat ditempuh dari Solo, rute ketiga dari Madiun, dan terakhir adalah dari Ponorogo1. Salah satu jalur terdekat dan tercepat untuk mencapai puncak Bukit Cumbri adalah via Pager Ukir, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur2.
  2. Waduk Gajah Mungkur: Waduk Gajah Mungkur terletak di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Waduk ini terdapat di selatan Wonogiri3. Untuk menuju Waduk Gajah Mungkur dari Wonogiri kota, sebenarnya cukup mudah jika Anda menggunakan sepeda motor. Tinggal ikuti saja rute jalan arah ke Praci nanti pasti akan melewati Waduk Gajah Mungkur4. Namun jika Anda ingin menuju Waduk Gajah Mungkur dengan transportasi umum maka bisa melakukannya dengan beberapa cara. Cara pertama menuju Waduk Gajah Mungkur Anda bisa menggunakan angkot. Anda bisa datang ke terminal Kota Wonogiri yang ada di samping Pasar Wonogiri. Nanti carilah angkuta atau angkot yang warnanya oranye yang memang bisa mengantar ke Obyek Wisata Gajah Mungkur4.
  3. Pantai Nampu: Pantai Nampu tepatnya berada di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah5. Jarak tempuh menuju Pantai Nampu dari pusat Kota Wonogiri adalah sekitar 64,5 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 1,5 jam5. Dari Kota Wonogiri, pertama kamu tinggal terus melaju ke arah selatan, melalui jalan utama menuju Kecamatan Wuryantoro-Eromoko-Pracimantoro. Terus lurus ikuti jalan utama itu sejauh sekitar 37 km atau satu jam sampai di perempatan lampu merah Pasar Pracimantoro. Kemudian belok kiri di perempatan itu5.

Apakah Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang tempat-tempat wisata lainnya di Wonogiri? 😊


Wonogiri adalah sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia. Kabupaten ini memiliki banyak kuliner khas yang menarik untuk dicoba. Berikut adalah beberapa kuliner khas Wonogiri yang harus Anda coba:

  1. Nasi Tiwul: Meskipun dinamakan nasi, namun tidak ada bahan beras dalam pembuatannya. Bahan utama untuk membuat Nasi Tiwul yaitu singkong yang telah diparut atau ditumbuk halus. Selanjutnya, singkong di jemur hingga kering dan dimasak dengan gula merah. Kuliner khas Wonogiri ini berasa manis dan biasanya digunakan sebagai sarapan1.
  2. Sambal Cabuk: Sepertinya anda akan asing dengan kuliner yang dikenal dengan Sambal Cabuk. Bagaimana tidak, bahan utamanya terbuat dari ampas pemuatan minyak wijen. Bahan lain yang dibutuhkan yakni merang padi yang sudah dibakar. Bersama dengan gula jawa, garam, kemangi, dan cabai, makanan unik ini kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibakar1.
  3. Geti Wijen: Berikutnya ada Geti Wijen yang cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Kuliner ini termasuk dari jenis makanan ringan yang terbuat dari bahan utama berupa wijen, sesuai dengan namanya. Bahan lain yang dibutuhkan yaitu gula jawa dan jahe yang dialah secara bersamaan. Dari bahan yang digunakan, kudapan ini berasa manis dan unik khas wijen1.
  4. Kacang Mete Wonogiri: Makanan khas berikutnya adalah kacang mete. Perlu diketahui, kabupaten dengan julukan Kota Gaple ini merupakan salah satu penghasil mete terbesar di Indonesia. Banyak ditemui olahan mete yang cocok digunakan sebagai oleh-oleh. Akan tetapi yang paling banyak ditemui yakni kacang mete goreng yang sebelumnya telah diberi bumbu sehingga rasanya lebih gurih berpadu dengan manis1.

Apakah Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang kuliner lainnya di Wonogiri? 😊


Untuk berkunjung ke Waduk Gajah Mungkur, Anda tidak perlu memesan tiket masuk terlebih dahulu. Anda dapat membeli tiket masuk di lokasi dengan harga Rp 10.000 pada hari biasa dan Rp 12.000 pada hari Minggu dan hari libur1. Waduk Gajah Mungkur buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB1.

Apakah Anda ingin mengetahui informasi lainnya tentang Waduk Gajah Mungkur? 😊









Tidak ada komentar:

Posting Komentar